Pada kesempatan ini, utk menambah wawasan bagi penikmat wayang kulit, maka kami akan sharring lakon wayang secara berkala. Untuk saat ini akan kami berikan lakon RADEN GATOTKOCO LAIR.

Yang menjadi pertanyaan mengapa Raden Gatotkoco ksatria Pringgondani yang menjadi pilihan pertama dalam lakon yang ditampilkan dalam website Ki Bondhan Riyanto ini. karena memang banyak suri tauladan dalam diri R. Gatotokoco, dia ksatria dan senopati perang negara Ngamarto dan akhirnya gugur di medan laga perang Bharatayudha, sebagai kusuma nan harum semerbak sebagai pahlawan di medan laga. Karena Hanya karena R. Gatotkoco lah Raja Basukarna di Awangga akhirnya mengeluarkan senjata pamungkas pemberian dewa yakni Sejata Kunthowijyandanu. Dengan hilangnya senjata pamungkas wijayandanu itulah maka menjadikan jalan bagi Arjuna utk mengalahkan Narpati Basukarna.


Silahkan dinikmati secara bertahap bagaimana lahirnya ksatria utama dari pringgondani ini, yang sejak bayi telah menjadi jagonya para dewata.

I. JEJER KAYANGAN JONGGIRISALAKA.



(Suluk Patet Nem wantah: Dyan nembah nireng hulun, kapurba risang murbeng rat, dahananing kang, dyan kanang sihing dasih...o...o)
Sang Hayang Bhatara Guru dihadapan para punggawa dewa yakni Bhatara Narada, Indra dan Panyarikan berembug tentang musuh yang berani naik ke Kayanga Jonggringsalaka yang ingin meminta kekuasaan para dewa termasuk kekuasaan Bhatra guru. Dimana Raja Raksasa Sang Prabu Kalapracona Raja Raksasa dari Negara Pager waja telah mengirimkan utusan yang bernama Patih Sekipu yang telah menggelar pasukan segerla sepapan di repat Kapanasan. Oleh karen itu Bhatara Guru memrintahkan kepada Bhatara Narada supaya mempersiapkan pasukan para dewa dewandara supaya mengusir musuh yang telah berbaris di repat panakawan. Yang diutus segera pamit untuk menghadapi musuh, lalu budhalan medal jawi bedhol jejer.  


 


Comments

08/09/2010 19:54

When a cigarette falls in love with a match,it is destined to be hurt.

Reply
SOWIRONO TOEGIMIN
01/26/2012 15:57

Sir,
I should like to order the video GATOT KOCO LAHIR by airmail. Can you please inform me how to pay.My adress is; Gompertsstraat 56
city:Paramaribo/Land: Suriname South America

Reply



Leave a Reply